Total Pengunjung

Pages

       
   

Waspadai Penyakit Tifus Yang Tak Kunjung Sembuh Kemungkinan Akibat Leukemia



Tanya:
Dokter, beberapa bulan lalu saya mengalami sakit tifus tapi selama dua bulan tidak kunjung sembuh kemudian setiap saya cek ke klinik kadar leukosit saya di atas 11.000 padahal kata dokter yang menangani saya penyakit tifusnya sudah sembuh. Apa itu tandanya saya memiliki penyakit kanker darah atau leukimia?


Jawaban:
Bagaimana dengan keadaan fisik ibu saat ini? Hasil lab leukimia saat ini yang terbaru seperti apa?
Leukemia merupakan kanker yang menyerang jaringan penghasil sel-sel darah, termasuk sumsum tulang belakang dan sistem limpa. Jenisnya ada berbagai macam, ada yang lebih banyak menyreang anak-anak dan ada juga yang lebih banyak dialami orang dewasa.
Perjalanan kanker biasanya dimulai dari sel darah putih atau leukosit, salah satu komponen darah yang fungsinya menangkal infeksi. Pada penderita leukemia, sel darah putih yang dihasilkan tidak normal sehingga tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
Pada orang normal, kadar leukosit atau sel darah putih berkisar antara 4.000 - 10.000 /mm3 dan bisa naik atau turun karena berbagai hal misalnya infeksi. Leukemia bisa membuat kadar leukosit naik drastis di atas normal meski kenaikan itu sendiri tidak selalu dipicu oleh leukemia.
Sedangkan tifus atau demam tifoid merupakan gejala dari infeksi bakteri Salmonella typhi. Penularannya terjadi melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri. Gejalanya antara lain demam tinggi, sakit kepala dan perut, serta sembelit atau malah diare.
Vaksin untuk mencegah demam tifoid sudah ada, namun tidak selalu efektif. Biasanya hanya diberikan pada orang-orang yang akan bepergian ke daerah yang masih banyak kasus tifusnya.

sumber : cancerhospital.co.id

Index

 
jika ingin menyalin sebagian atau keseluruhan isi halaman ini, mohon cantumkan sumber alamat tautan ini