Total Pengunjung

Pages

       
   

Vibrasi & Noise Pada Transformator Daya

Noise pada trafo dikarenakan adanya fenomena yang disebut magnetostriction. Arti sederhananya adalah jika sebuah lapisan baja diberi medan magnet maka akan membuat lapisan tersebut memuai, namun pada saat medan tersebut dihilangkan, maka lapisan tersebut akan kembali kepada ukuran yang sebenarnya. Sumber magnet pada Transformator bersumber dari tegangan dan arus bolak balik, oleh karena itu bagian metal yang termagnetisasi akan memuai dan mengkerut dua kalinya selama cycle magnetisasi.  

Pemuaian dan proses mengkerut ini tidaklah seragam, dampak pemuaian dan proses mengkerut ini bervariasi pada sepanjang lapisan. Inti belitan transformator terbuat dari banyak lapisan baja khusus. Dibuat sedemikian rupa untuk mengurangi losses dan mengurangi dampak dari efek panas. 

Jika pemuaian dan proses mengkerut yang digambarkan diatas terjadi secara tidak menentu pada sepanjang permukaan dan setiap lapisan berperilaku tidak beraturan satu sama lain, maka dapat dibayangkan seperti apa pergerakan konstruksinya saat terjadi pemuaian. Tentu saja tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, setidaknya hal ini berdampak pada munculnya vibrasi dan noise.


Adapun alat yang dipakai untuk mengukur tingkat noise yang muncul adalah Sound level meter/Noise detector.

Index

 
jika ingin menyalin sebagian atau keseluruhan isi halaman ini, mohon cantumkan sumber alamat tautan ini