Total Pengunjung

Pages

       
   

Rele Thermal Pada Shutdown Function Check Transformator Daya

Tinggi rendahnya suhu yang terjadi pada trafo sangat berpengaruh terhadap usia trafo. Suhu operasi yang terlalu tinggi/melebihi batasan yang ditentukan, akan berakibat menurunnya nilai tahanan isolasi baik isolasi kertas maupun isolasi minyak. Untuk menjaga agar kenaikan suhu tidak melampaui batas yang ditentukan, maka pada trafo dipasang thermometer untuk memantau suhu operasi trafo dan rele thermal yang berfungsi mengamankan trafo dari adanya suhu yang melampaui batas.

Pada umumnya rele thermal terpasang menjadi satu dengan thermometer suhu yang dilengkapi dengan kontak – kontak untuk fungsi alarm dan fungsi trip. Karena perannya yang sangat penting, maka pemeliharaan terhadap thermometer dan rele thermal harus dilakukan secara periodik.

Pengujian function test rele rele thermis  hanya dapat dilakukan dengan cara simulasi kontak dengan cara menghubung singkat kontak yang ada pada rele thermis  untuk indikasi alarm dan trip ( PMT sisi primer dan  sekunder ), jika tidak trip maka harus diperbaiki terlebih  dahulu sebelum dioperasikan.



Index

 
jika ingin menyalin sebagian atau keseluruhan isi halaman ini, mohon cantumkan sumber alamat tautan ini