Total Pengunjung

Pages

       
   

Pengukuran SFRA (Sweep Frequency Response Analyzer) Pada Transformator Daya

SFRA adalah suatu peralatan yang dapat memberikan informasi tentang adanya pergeseran pada inti dan belitan suatu transformator. Dengan melakukan pengujian, dapat diketahui bagaimana suatu belitan memberikan sinyal bertegangan rendah dalam berbagai variasi frekuensi. Sebuah transformator adalah sebuah rangkaian impedansi dimana unsur – unsur kapasitif dan induktif  berhubungan dengan konstruksi fisik transformator.

Perubahan – perubahan dalam frekuensi respons terukur dalam teknik SFRA yang mengindikasikan perubahan fisik dalam suatu transformator yang harus didentifikasi dan diinvestigasi.

Pada peralatan uji SFRA dari pabrikan Doble, alat tersebut mengaplikasikan tegangan input – V in (source dan reference) diinjeksikan pada bushing fasa (H1) sedangkan tegangan output – V out merupakan titik ukur (measurement) pada bushing netral (H0). Pada gambar 10. Titik ukur normal (H1-H0) ditandai dengan alur grafik berwarna hijau sedangkan titik ukur sebaliknya (H0-H1) ditandai dengan alur grafik berwarna biru.



gambar :
H1 – H0 (hijau) dan H0 – H1 (biru)

Dengan demikian diperlukan konsistensi dalam melakukan pengujian sehingga tidak terdapat kesalahan interpretasi dalam diagnosa.

Gambar 1 menunjukkan contoh dimana SFRA dapat mendiagnosa sebuah short turn dalam sebuah transformator step up generator. Dalam hasil uji SFRA, setiap fasa di plot sebagai respons dalam satuan dB terhadap frekuensi dalam satuan Hz. Dalam kasus ini, respons salah satu fasa sangat berbeda terhadap dua fasa yang lain yang mengindikasikan terjadi short turn.


gambar :
Short turn satu Fasa pada Transformator Generator



gambar :
wiring pengujian SFRA

Index

 
jika ingin menyalin sebagian atau keseluruhan isi halaman ini, mohon cantumkan sumber alamat tautan ini