Total Pengunjung

Pages

       
   

Hal Yang Dapat Mengganggu Anda Tidur

            Seringkali kita dibuat kesal ketika tengah lelap tidur, tiba-tiba dibangunkan oleh hal sepele seperti pesan sms yang isinya tidak penting, rasa lapar, atau terbangun dalam keadaan tubuh yang tidak nyaman, akibatnya kita memulai aktifitas rutin tanpa semangat yang optimal atau penuh keterpaksaan. Tidur adalah keadaan istirahat alami pada berbagai binatang menyusui, burung, ikan, dan binatang tidak bertulang belakang seperti lalat buah Drosophila. Pada manusia dan banyak spesies lainnya, tidur penting untuk kesehatan. Namun tidak semua manusia menikmati dan mendapatkan tidur yang berkualitas setiap harinya. Berikut uniknya.com merangkum 5 hal yang dapat mengganggu tidur:


  1. Komputer dan Telefon Selular
Di zaman yang didominasi oleh rangkaian elektronika dengan teknologi mutkahir, selain banyak membantu manusia dalam melakukan aktifitasnya namun juga akan mendatangkan hal yang sama bahkan mimpi buruk. Seperti komputer dan telefon selular misalnya, dua benda yang sulit untuk dilepaskan dari jangkauan pekerjaan dan kehidupan sehari-hari masyarakat kota khususnya para pekerja dan pelajar. Bahkan untuk mengisi waktu luang, komputer ataupun telefon selular sangat sulit ditinggalkan. Hal ini tentu mengganggu salah satu kebutuhan dasar manusia misalnya saja waktu tidur yang semakin berkurang atau bahkan menderita insomnia. Bukan karena lampu indikatornya yang kerlap-kerlip di kegelapan, melainkan radiasi sinyal terutama telfon selular yang dapat mengganggu frekuensi otak untuk beristirahat. Atau tiba-tiba ada getaran dan nada sms yang masuk dikala kita tertidur. Satu-satunya cara untuk menghentikan gangguan tersebut adalah dengan mematikan komputer ataupun telfon selular ketika kita akan tidur.

  1. Televisi
Kebutuhan akan informasi dan hiburan di zaman sekarang ini sangat meningkat, terlebih dinamika hidup manusia yang semakin beragam menyebabkan tekanan psikologi bervariasi. Bahkan bukan tekanan psikologi yang diakibatkan dari pekerjaan, ataupun aktifitas sehari-hari lainnya, melainkan kegemaran akan program televisi bahkan mampu mengganggu pola tidur kita.  Seperti tayangan film  yang panjang hingga melewati jam larut malam, atau tayangan siaran langsung sepakbola, adalah godaan yang membuat mata kita melek semalaman, akibatnya tubuh tidak merasakan istirahat yang cukup.
Tubuh tidak akan merasakan istirahat yang optimal meskipun kita menonton televisi untuk mendatangkan kantuk, karena sinar televisi, visualisasi, bahkan suaranya dapat merangsang otak kita untuk tetap bekerja. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh American Time Use Survey, terhadap 21.475 orang dewasa di Amerika Serikat hampir 50% menonton acara televisi sebelum tidur.

  1. Lapar
Satu gangguan yang sering dialami atau pernah dialami oleh seseorang yang tertidur, adalah terbangun dari nyenyak karena rasa lapar. Perut yang keroncongan di saat tertidur pulas dapat membangunkan, suka atau tidak, bahkan ketika mencoba melupakannya rasa lapar akan tetap meneror kita. Untuk mencegah rasa lapar datang di saat tertidur, sebelum melakukan gosok gigi sebaiknya kita menikmati camilan kecil atau bebuahan sehingga dapat mencegah rasa lapar datang di saat kita menikmati mimpi yang jarang terjadi.

  1. Tempat Tidur
Di zaman serba praktis saat ini, bahkan sofa ataupun kursi dirancang sedemikian rupa agar dapat digunakan selain duduk, yakni menjadi tempat tidur. Sehingga ketika kita merasa kantuk di depan komputer ataupun televisi, tinggal berbaring, selonjoran dan menutup mata. Meskipun sofa ataupun matras telah dirancang untuk membuat nyaman, akan tetapi tidak sepenuhnya memenuhi kenyamanan yang dibutuhkan oleh kita. Hal itu akan dibuktikan ketika kita terbangun dalam keadaan pegal seperti, leher terasa kaku, pinggang pegal, kaki yang kaku, dan perasaan yang tidak tentu. Untuk mencegah hal tersebut terjadi kita harus pintar memilih sofa ataupun matras yang akan kita gunakan, mulai dari ketebalan, bahan dasar, bahkan bentuk rancangannya, sehingga kita mendapatkan tidur yang berkualitas.

  1. Buang Air Kecil
Kebiasaan minum berlebihan di saat menjelang tidur merupakan pemicu terjadinya beser (sering buang air kecil), baik meminum air mineral, teh ataupun kopi hangat. Beser terjadi karena kandung kemih (bladder) yang kita miliki adalah organ berbentuk ketupat yang bagian dalamnya kosong dan berfungsi sebagai tandon penampung air kencing. Daya tampung penuh kandung kemih biasanya sekitar 350 cc (15 kali volume saat kosong), namun masih mampu menampung sampai 500 cc air kencing. Proses pengisian bladder ternyata membutuhkan waktu sekitar 2 – 5 jam. Jika terisi penuh, bentuk bladder akan mengembang seperti balon.
Dari situlah air kencing yang tertampung akan secara berkala dibuang keluar tubuh melalui urethra. Lalu bagaimana dan apa penyebabnya beser bisa terjadi? Beser berbeda dengan mengompol pada bayi dan anak-anak. Pada mereka, begitu bladder terisi hingga tekanan tertentu, secara otomatis akan berkontraksi dan kencing keluar dan dikala kita tertidur hal ini akan membangunkan kita. Untuk mencegahnya adalah menghindari minum yang berlebihan dan membuang air seni tersebut sebelum kita tidur.

  1. Nyamuk
Masyarakat kita tentunya sudah familiar dengan makhluk kecil yang terkadang menjadi momok yang mengganggu lelapnya tidur. Gigitan nyamuk jangan dianggap enteng karena beberapa jenis nyamuk dikenal menjadi biang pembawa penyakit-penyakit berbahaya seperti demam chikungunya, penyakit kuning, malaria, demam berdarah, dan lainnya.
Nyamuk bisa diibaratkan jarum suntik terbang. nyamuk selalu dapat menemukan sasarannya dengan tepat karena mereka melihat dengan gerakan, panas tubuh, dan bau tubuh. Sewaktu hinggap di tubuh kita, nyamuk menempelkan mulutnya yang mirip sedotan (probiosis).Pada mulut nyamuk terdapat pisau yang merobek kulit maju mundur hingga menemukan pembuluh darah. Setelah itu, darah yang ada akan dihisap. Proses ini berlangsung sangat cepat. Setelah merasa kenyang, nyamuk akan mencabut probiosisnya dan terbang.

Oleh karena itu, perhatikan setiap saat apakah di rumah dan lingkungan Anda banyak terdapat sarang nyamuk atau tidak. Kalau banyak, maka Anda bersama warga sekitar harus segera membersihkannya.

Index

 
jika ingin menyalin sebagian atau keseluruhan isi halaman ini, mohon cantumkan sumber alamat tautan ini