Total Pengunjung

Pages

       
   

Sakit Giant Cell Arteritis (GCA)


Penjelasan 
Giant Cell Arteritis (GCA) adalah suatu peradangan pada lapisan arteri - pembuluh darah yang membawa darah yang kaya oksigen dari jantung ke seluruh tubuh. Paling sering, peradangan mempengaruhi arteri di kepala. Untuk alasan ini, arteritis sel raksasa kadang-kadang disebut atau temporal arteritis.

            GCA yang sering menyebabkan sakit kepala, rahang sakit, dan penglihatan kabur atau ganda, stroke adalah komplikasi yang paling serius arteritis sel raksasa.

Penyebab 
            Belum dapat diketahui penyebab pasti

Gejala 
            Gejala yang paling umum GCA adalah nyeri kepala. Beberapa orang, bagaimanapun, mempunyai rasa sakit di bagian depan kepala.
Tanda dan gejala arteritis sel raksasa dapat bervariasi. Bagi sebagian orang, awal kondisi terasa seperti flu - dengan nyeri otot (myalgia), demam dan kelelahan, serta sakit kepala.
Umumnya, tanda-tanda dan gejala arteritis sel raksasa meliputi:
·         Terus-menerus sakit kepala dan nyeri
·         Penurunan ketajaman visual atau penglihatan ganda
·         Kelembutan kulit kepala--mungkin sakit untuk menyisir rambut atau bahkan untuk meletakkan kepala di atas bantal
·         Sakit rahang (rahang klaudikasio) ketika mengunyah
·         Sakit dan kekakuan pada leher, lengan atau pinggul--biasanya memburuk di pagi hari sebelum keluar dari tempat tidur
·         Tiba-tiba kehilangan penglihatan permanen dalam satu mata
·         Demam

Pengobatan 
Perawatan untuk GCA terdiri dari dosis tinggi obat kortikosteroid seperti prednison. Karena pengobatan langsung diperlukan untuk mencegah kehilangan penglihatan, dokter anda kemungkinan untuk memulai pengobatan bahkan sebelum meneguhkannya dengan biopsi.






Index

 
jika ingin menyalin sebagian atau keseluruhan isi halaman ini, mohon cantumkan sumber alamat tautan ini