Total Pengunjung

Pages

       
   

Penyakit Degenerasi Makula Pada Mata


Deskripsi 
Degenerasi makula adalah penyakit kronis yangd ditandai dengan kerusakan jaringan di bagian mata. Kerusakan terjadi pada makula--tengah-tengah retina.

Degenerasi makula tidak menyebabkan kebutaan namun membuat penglihatan menjadi buram. Degenerasi makula cenderung mempengaruhi orang dewasa usia lebih dari 50 tahun. Degenerasi makula kering, di mana kerusakan jaringan tidak disertai pendarahan paling umum diderita.
Penyebab 
Penyebab pasti dari degenerasi makula belum diketahui.

Gejala 
Degenerasi makula kering biasanya berkembang bertahap tanpa disertai rasa sakit. Penderita akan mengalami perubahan penglihatan seperti: membutuhkan cahaya yang lebih saat membaca atau melakukan pekerjaan, sulit beradaptasi di tempat yang kurang cahaya, penuruanan intensitas atau kecerahan warna, sulit mengenali wajah, pandangan kabur.

Pengobatan 
Tidak ada perawatan khusus untuk penyakit ini. Tapi bukan berarti penderita kehilangan penglihatan. Degenerasi makula kering biasanya berlangsung perlahan-lahan, dan banyak penderita dapat hidup relatif normal, hidup produktif, terutama jika hanya satu mata yang terkena.

Index

 
jika ingin menyalin sebagian atau keseluruhan isi halaman ini, mohon cantumkan sumber alamat tautan ini