Total Pengunjung

Pages

       
   

Penyakit Batu Empedu

Penjelasan
Empedu berfungsi untuk membuang limbah tubuh tertentu (terutama pigmen hasil pemecahan sel darah merah dan kelebihan kolesterol) serta membantu pencernaan dan penyerapan lemak. Selain itu di dalam empedu juga terkadung sejumlah kolesterol yang biasanya tetap berbentuk cairan. Jika cairan empedu menjadi jenuh karena kolesterol, maka kolesterol bisa menjadi tidak larut dan membentuk endapan diluar empedu. Inilah yang membentuk batu empedu.

Komponen pembentuk batu empedu adalah kolesterol dan garam kalsium. Ukuran batu empedu bervariasi ukurannya, dari sebesar pasir hingga sebesar bola golf. Jumlah yang terbentuk juga bisa mencapai beberapa ribu. Akibat dari batu empedu antara lain infeksi pada saluran empedu, infeksi pankreas, dan juga hati.

Penyebab
Beberapa faktor resiko yang menyebabkan batu emperdu antara lain, obesitas, usia lanjut, diet tinggi lemak, dan juga faktor keturunan. Meski demikian. batu empedu ini dapat dicegah dengan mengurangi makan berkokesterol tinggi.

Gejala
Gejala yang dijumpai pada penderita antara lain rasa nyeri, ini akibat batu empedu menyumbat saluran empedu. Penderita juga sering mual dan muntah.

Penyembuhan
Jika batu empedu sudah sampai stadium lanjut maka untuk mengeluarkan batu empedu dilakukan dengan operasi. Namun kini sedang dilakukan pengembangan dalam kedokteran untuk menyembuhkan batu empedu tanpa operasi

Index

 
jika ingin menyalin sebagian atau keseluruhan isi halaman ini, mohon cantumkan sumber alamat tautan ini