Total Pengunjung

Pages

       
   

Pencegahan Asam Urat Dengan Vitamin C

Vitamin C tak sekedar membantu menyembuhkan sariawan. Penelitian terbaru menunjukkan vitamin yang banyak terkandung dalam jeruk ini juga efektif mencegah asam urat pada pria.

Asam urat sering kali dialami para pria. Masalah kegemukan, usia, hipertensi, kebiasaan minum alkohol dan gagal ginjal kronis menjadi faktor-faktor risiko timbulnya asam urat.

Sebelumnya, peneliti dari Health Professionals Follow-up Study dari American College of Rheumatology telah melakukan pengamatan terhadap 46.994 orang sejak 1986 hingga 2006.

Hasil yang dimuat dalam Archives of Internal Medicine menunjukkan bahwa setiap kenaikkan 500 miligram asupan vitamin C membantu menurunkan risiko asam urat hingga 17 persen.

Tak hanya efektif mencegah asam urat, vitamin C juga dapat membantu melindungi terhadap peradangan yang disebabkan oleh asam urat.

Ketika peneliti berfokus pada suplemen vitamin C, hasilnya menunjukkan bahwa pria yang mengambil 1.000-1.499 miligram vitamin C per hari maka risiko asam urat turun menjadi 45 persen.

Meskipun begitu, tingginya dosis asupan vitamin C masih perlu diperhatikan. Kebanyakan mengasup vitamin C juga menimbulkan efek samping, seperti sakit perut dan diare.



sumber : (majalah sehat keluarga edisi februari 2011)

Index

 
jika ingin menyalin sebagian atau keseluruhan isi halaman ini, mohon cantumkan sumber alamat tautan ini