Total Pengunjung

Pages

       
   

Cara Meningkatkan Minat Baca Anak

Jadikan Rutinitas
Harian Pepatah “cinta karena biasa” juga berlaku pada anak untuk menumbuhkan kebiasan gemar membaca buku. Resep dasar yang sederhana adalah membiasakan anak membaca dan menjadikannya bagian dari rutinitas sehari-hari.
Lakukan kebiasaan membaca dalam waktu-waktu yang disenangi anak seperti bangun tidur atau setelah mandi. Anda bisa memulainya dengan durasi waktu sekitar 20-25 menit dan jika anak kehilangan konsentrasi, istirahat sejenak dan ulangi lagi beberapa saat setelahnya. Orang tua bisa mengajarkan keterampilan membaca seperti mengenalkan huruf, merangkai huruf menjadi kata, dan mengeja kata-kata.



Ajukan Pertanyaan
Orang tua bisa membacakan cerita singkat untuk anak dan ajukan beberapa pertanyaan ringan seputar isi cerita. Sambil bercerita, anda bisa mulai mengenalkan aneka bentuk huruf dan kata-kata. Dan jangan lupa untuk menciptakan suasana yang menyenangkan saat aktifitas berlangsung. 

        
Lakukan Bersama-Sama
Orang tua tidak akan bisa menumbuhkan anak yang gemar membaca jika orang tua sendiri tidak melakukan apa-apa. Jadikanlah aktifitas membaca sebagai kencan yang menyenangkan.


Gunakan Alat Bantu
Dengan buku dongeng, orang tua bisa mengajari anak untuk gemar membaca. Gunakan jari tangan atau pensil sebagai alat bantu membaca. Berhenti sejenak pada kata-kata yang mudah diingatnya dan juga sulit diingat, kemudianminta anak untuk melafalkannya.



Index

 
jika ingin menyalin sebagian atau keseluruhan isi halaman ini, mohon cantumkan sumber alamat tautan ini