Total Pengunjung

Pages

       
   

Cara Memperlambat Menopause Pada Wanita

Menopause merupakan fenomena alami tubuh wanita. Tapi tak sedikit wanita yang takut menghadapinya, karena saat masa itu tiba artinya tubuh wanita sudah tidak lagi mampu memproduksi hormon reproduksi, yang dampaknya bisa bermacam-macam termasuk ke kehidupan seksual.

Menopause memang terjadi secara alami, namun di masa modern seperti sekarang banyak faktor lingkungan yang menyebabkan wanita mengalami menopause dini, bahkan ada yang terjadi sebelum usia 30 tahun.

Bila terjadi menopause dini, banyak efek yang terjadi pada kesehatan, seperti meningkatnya risiko osteoporosis dan penyakit jantung. Selain itu, menopause juga merupakan tanda berakhirnya kehidupan reproduksi dan mulai terganggunya kehidupan seksual.

Untuk itu, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk tak cepat-cepat menopause. Berikut beberapa cara alaminya, seperti dilansir boldsky, Kamis (27/9/2012):

1. Olahraga teratur
Menopause paling sering terjadi akibat ovulasi yang tidak benar. Masalah ovulasi pada gilirannya terjadi ketika Anda memiliki tubuh yang tidak fit. Tubuh terpapar banyak polusi dan junk food, yang mempercepat proses penuaan. Olahraga adalah salah satu cara untuk menjauhi racun. Olahraga juga meningkatkan sirkulasi darah, yang pada umumnya mengarah ke periode menstruasi yang teratur.

2. Berhenti merokok
Jika Anda seorang perokok, maka kemungkinan besar akan mengalami menopause dini. Merokok dapat menghambat sirkulasi darah dalam tubuh. Semakin sedikit darah yang beredar ke rahim dan ovarium, Anda tidak akan memiliki periode menstruasi yang teratur. Berhenti merokok adalah salah satu cara terbaik untuk menunda menopause.

3. Konsumsi banyak antioksidan
Menopause itu sendiri adalah tanda bahwa tubuh Anda sudah mengalami penuaan. Untuk memperlambatnya, Anda perlu mempertahankan tubuh tetap muda. Makan makanan yang kaya antioksidan seperti buah, minyak zaitun, brokoli, paprika dan lainnya. Cara ini akan mengusir racun dari tubuh dan menunda tanda-tanda penuaan.

4. Konsumsi makanan kaya fitoestrogen
Tepat sebelum menopause, kadar hormon estrogen pada tubuh wanita mulai menurun. Jadi jika tubuh tidak lagi memproduksi estrogen yang cukup, Anda harus memperolehnya dari luar. Makan makanan yang kaya fitoestrogen seperti produk kedelai dan biji-bijian seperti gandum dan gandum hitam dapat membantu menunda menopause.

Index

 
jika ingin menyalin sebagian atau keseluruhan isi halaman ini, mohon cantumkan sumber alamat tautan ini