Total Pengunjung

Pages

       
   

Ada bakteri baik di usus bayi dan manfaat ASI buat bakteri itu

Kandungan oligosakarida yang ada dalam ASI atau HMO (human milk oligosaccharides) menghasilkan asam lemak berantai pendek yang mampu memberi makan pada bakteri baik dalam usus bayi.

Tak hanya itu, ternyata komposisi bakteri baik itu bisa menyesuaikan pertumbuhan bayi dan perubahan kebutuhannya.

Meskipun HMO merupakan komponen utama ASI dan konsentrasinya lebih tinggi daripada protein, manfaatnya tak begitu banyak dipahami.
Bahkan, HMO justru tidak ditemukan di dalam susu formula bayi. Para ilmuwan pun ingin mencari tahu apa yang hilang dari susu formula bayi tersebut.

"Kami merujuk HMO sebagai semacam serat dari ASI karena kami tak memiliki enzim yang mampu memecah senyawa ini. HMO masuk ke dalam usus besar lalu dicerna oleh bakteri."

"Kami penasaran dengan peran HMO dalam perkembangan bayi yang diberi bakteri usus karena bakteri yang ditemukan di dalam usus bayi yang diberi susu formula tampak berbeda," ungkap Sharon Donovan dari Melissa M. Noel Endowed Professor in Nutrition of Health di University of Illinois seperti dilansir dari ScienceDaily, Rabu (16/5/2012).

Berkat studi ini, untuk pertama kalinya, ilmuwan telah menunjukkan bahwa perpaduan kompleks antara HMO dan komponen HMO tunggal menghasilkan pola asam lemak berantai pendek yang bisa berubah seiring dengan pertumbuhan bayi.

Bakteri baik dalam usus memiliki dampak jangka pendek dan panjang sekaligus bagi kesehatan bayi.

Untuk jangka pendek, bakteri baik melindungi bayi dari infeksi akibat bakteri berbahaya. Namun dalam jangka panjang, bakteri baik memperkuat sistem imun sehingga dapat menangkis masalah kesehatan kronis seperti alergi makanan dan asma, kata Donovan.

Bakteri dari HMO memproduksi asam lemak berantai pendek yang kadarnya lebih tinggi daripada bahan prebiotik yang belakangan banyak digunakan susu formula.

Asam lemak tersebut dapat digunakan sebagai sumber bahan bakar bagi bakteri baik serta mempengaruhi perkembangan pencernaan dan pH di dalam usus sehingga mengurangi jumlah patogen.

Namun bagi Donovan, yang terpenting adalah HMO bisa menjadi sarana untuk memahami manfaat menyusui sebagai pelindung bayi.

Sumber : health.detik

Index

 
jika ingin menyalin sebagian atau keseluruhan isi halaman ini, mohon cantumkan sumber alamat tautan ini