Total Pengunjung

Pages

       
   

Penyakit Age Spots dan Penyembuhan


Pengertian

Age spots juga disebut liver spots dan solar lentigines adalah bintik abu-abu, coklat atau hitam yang berbeda ukuran dan biasanya muncul pada daerah tubuh yang paling terkena sinar matahari seperti wajah, tangan, bahu dan lengan. Age spots sangat umum ditemui pada orang dewasa berusia di atas 40 tahun, namun dapat ditemui pada orang muda juga.


Age spots sebenarnya tidak berbahaya dan tidak memerlukan pengobatan, namun dapat terlihat seperti tumbuhnya kanker. Dengan kosmetik, age spots dapat disamarkan dengan produk pemutih kulit.


Penyebab


Pigmen pada lapisan atas kulit (epidermis) yang memberikan warna bagi kulit disebut melanin. Sinar UV mempercepat produksi melanin, menghasilkan warna cokelat yang membantu melindungi lapisan kulit lebih dalam dari sinar UV. Age spots disebabkan terutama oleh paparan ultraviolet (UV) cahaya dari matahari selama bertahun-tahun.


Penggunaan lampu tanning bed komersial dan dapat juga berkontribusi terhadap perkembangan age spots. Pada daerah kulit yang telah bertahun-tahun terpapar sinar matahari dan berkepanjangan, Age spots muncul ketika melanin mengelompok atau dihasilkan dalam konsentrasi yang sangat tinggi. Selain disebabkan oleh paparan sinar matahari, penuaan juga dapat menyebabkan bertambahnya produksi melanin. Faktor genetik juga mungkin berperan dalam seberapa rentan seseorang untuk dapat memproduksi age spots.



Gejala


Gejala Age spots antara lain:
1. Bentuknya datar, oval
2. Biasanya berwarna coklat, hitam atau abu-abu
3. Terjadi pada kulit yang paling sering terpapar sinar matahari selama bertahun-tahun, seperti punggung tangan, ujung kaki, wajah, bahu dan punggung atas
4. Berukuran lebih dari setengah inci (1 cm) dan bergerombol, sehingga membuatnya tampak menonjol.


Kondisi lain yang dapat terlihat seperti age spots dan perlu diobati oleh dokteri:
1. Mol atau Nevi.
Bintik-bintik kecil berwarna coklat gelap, bervariasi warna dan ukurannya. Bentuknya datar dan dapat muncul hampir di mana saja pada tubuh.



2. Seborrheic keratoses.
Bercak-bercak berwarna coklat hitam atau pucat pada wajah, dada, bahu atau punggung. Terlihat seperti berlapis lilin dan bersisik. Ukurannya beragam mulai dari yang sangat kecil hingga lebih dari 1 inci (2,5 cm) di.



3. Lentigo maligna.
Jenis kanker kulit yang muncul di daerah yang lama terpapar sinar matahari. Lentigo maligna mulai muncul sebagai area cokelat, atau hitam yang perlahan-lahan gelap dan memperbesar. Batasnya tidak teratur dan warnanya tidak merata, dan sedikit terangkat dari permukaan kulit.



Penyembuhan


Perawatan dan Pengobatan
Karena pigmen ini terletak di dasar epidermis (lapisan paling atas kulit), perawatan yang dimaksudkan untuk meringankan bintik-bintik penuaan harus menembus lapisan kulit.


1. Obat-obatan.
Krim pemutihan Resep (hidroquinon) atau dengan retinoid (tretinoin) dan steroid ringan secara bertahap dapat memudarkan tempat munculny age spots selama beberapa bulan. Perlindungan matahari dengan tabir surya berspektrum luas dengan sun protection factor (SPF) 30 sangat disarankan. Pengobatan dapat mengakibatkan gatal sementara, kemerahan, terbakar atau kekeringan.



2. Terapi laser menghancurkan sel yang memproduksi melanin (melanosit) tanpa merusak permukaan kulit.
Pengobatan dengan laser biasanya membutuhkan beberapa sesi. Setelah pengobatan, Age spots memudar secara bertahap selama beberapa minggu atau bulan. Terapi laser memiliki sedikit efek samping dapat mengakibatkan sedikit perubahan warna kulit.



3. Pembekuan (cryotherapy).
Prosedur ini menggunakan nitrogen cair atau bahan pembeku lain ke tempat munculnya age spots untuk menghancurkan pigmen tambahan. Pembekuan biasanya digunakan pada tempat si mana muncul age spots tunggal atau kelompok kecil. Perawatan sementara dapat mengiritasi kulit dan perubahan warna.



4. Dermabrasi.
Pengamplasan bawah lapisan permukaan kulit dengan sikat yang berputar cepat. Prosedur ini menghilangkan permukaan kulit, dan lapisan kulit baru akan tumbuh di atasnya. Kemerahan sementara dan pembentukan keropeng dapat muncul disebabkan dari perawatan ini.



5. Pengupasan Kimia.
Pengupasan kimia memakai asam yang membakar lapisan luar kulit pada bagian age spots. Kulit baru terbentuk kemudian akan menggantikan tempatnya.



Pencegahan
Untuk membantu menghindari agfe spots, ikuti tips untuk membatasi paparan sinar matahari:
1. Hindari matahari pada pukul 10:00-16:00 karena sinar matahari yang paling intens berada selama waktu ini.



2. Gunakan tabir surya. Lima belas sampai 30 menit sebelum keluar rumah, pakai tabir surya spektrum luas yang memberikan perlindungan dari UVA dan sinar UVB. Tabir surya spektrum luas mengandung satu atau lebih bahan berikut: avobenzone, cinoxate, ecamsule, menthyl anthranilate, metoksisinamat oktil, salisilat oktil, oksibenzon, sulisobenzone, titanium dioksida atau seng oksida.



Gunakan tabir surya dengan faktor perlindungan matahari (SPF) minimal 15. Oleskan tabir surya dan gunakan kembali setiap dua jam atau lebih sering jika Anda berenang atau berkeringat.



3. Menutupi. Untuk perlindungan dari matahari, pakailah topi bertepi lebar yang menyediakan perlindungan lebih daripada topi baseball atau visor golf dan pakaian tenun yang mencakup lengan dan kaki.

img




Index

 
jika ingin menyalin sebagian atau keseluruhan isi halaman ini, mohon cantumkan sumber alamat tautan ini