Total Pengunjung

Pages

       
   

Penyakit Acromegaly dan Penyembuhannya

Pengertian
          Acromegaly adalah gangguan hormonal yang berkembang saat kelenjar pituitary memproduksi terlalu banyak hormon pertumbuhan selama masa dewasa. Ketika hal ini terjadi, tulang mengalami peningkatan ukuran, termasuk tulang tangan, kaki dan wajah. Acromegaly biasanya mempengaruhi orang dewasa setengah baya.
          Pada anak-anak yang masih tumbuh, pertumbuhan hormon terlalu banyak dapat menyebabkan kondisi yang disebut Gigantisme. Anak-anak ini memiliki pertumbuhan tulang yang berlebihan dan peningkatan abnormal tinggi.
          Jika tidak ditangani segera, acromegaly dapat menyebabkan penyakit serius dan bahkan menjadi mengancam nyawa.

Penyebab

Penyebab dari acromegaly bisa diketahui dari hipofisis seseorang. Pada kondisi normal, hipofisis, kelenjar kecil yang terletak di dasar otak di belakang batang hidung, menghasilkan sejumlah hormon. Salah satu hormon yang dihasilkan oleh hipofisis adalah hormon pertumbuhan (GH), hormon ini berperan penting dalam pertumbuhan fisik.

Ketika GH disekresikan ke dalam aliran darah, memicu hati untuk menghasilkan hormon yang disebut insulin-seperti faktor pertumbuhan-I (IGF-I). Pada gilirannya, IGF-I merangsang pertumbuhan tulang dan jaringan lain. Jika kelenjar hipofisis membuat terlalu banyak GH, dapat mengakibatkan peningkatan IGF-I. Terlalu banyak IGF-I dapat menyebabkan pertumbuhan abnormal jaringan lunak dan kerangka dan tanda-tanda dan gejala khas acromegaly dan Gigantisme.

Gejala


Salah satu tanda-tanda paling umum acromegaly adalah tangan dan kaki tampak lebih besar dari ukuran normal. Orang dengan gangguan ini sering melihat bahwa mereka tidak bisa lagi memakai cincin dan sepatu mereka sesak.

Pengobatan

Perawatan berfokus pada penurunan produksi GH serta mengurangi dampak negatif dari tumor pada hipofisis dan jaringan sekitarnya. Penderita penyakit ini kemungkinan membutuhkan lebih dari satu jenis perawatan.

img




Index

 
jika ingin menyalin sebagian atau keseluruhan isi halaman ini, mohon cantumkan sumber alamat tautan ini