Total Pengunjung

Pages

       
   

Pengertian Acute Myelogenous Leukemia dan Penyembuhannya

Pengertian

Acute Myelogenous Leukemia (AML) adalah salah satu jenis kanker darah dan sumsum tulang. Sumsum tulang merupakan jaringan spons dalam tulang dimana sel darah dibuat. Penyakit ini juga dikenal sebagai myeloblastic leukemia akut, leukemia akut nonlymphocytic, myeloblastic leukemia akut, dan leukemia myeloid akut. Pada AML, kata "akut" mengacu pada kenyataan bahwa penyakit ini mempengaruhi sel-sel darah yang belum matang dan berkembang dengan cepat. "Myelogenous" mengacu pada sel-sel darah putih, yang disebut sel myeloid bahwa AML mempengaruhi sel-sel tersebut. Sel-sel myeloid berkembang menjadi berbagai jenis sel darah dewasa, seperti sel darah putih, sel darah merah, dan trombosit.

Penyebab


AML terjadi ketika DNA sel berkembang dalam sumsum tulang yang rusak, sehingga menyebabkan produksi sel darah menjadi tidak merata. Sel imatur diproduksi oleh sumsum tulang, yang berkembang menjadi myeloblasts, sel-sel darah putih leukemia. Sel-sel yang abnormal tidak dapat berfungsi dengan baik, sehingga sel-sel abnormal berkembang di tengah sel-sel sehat. Meskipun penyebab mutasi DNA yang menyebabkan leukemia tidak jelas, namun radiasi, paparan bahan kimia tertentu dan beberapa obat kemoterapi diduga menjadi penyebabnya. Hal diperkuat dengan data bahwa, pada kebanyakan kasus AML tidak diwarisi.


Gejala


Banyak tanda dan gejala dari tahap awal dari AML, yang dapat menyerupai orang-orang dari penyakit flu atau penyakit umum lainnya. Tanda-tanda ini juga dapat bervariasi sesuai dengan jenis sel darah yang terkena. Tanda dan gejala AML, antara lain:

1. Nyeri tulang
2. Kulit pucat
3. Mudah memar
4. Sesak napas
5. Demam
6. Kelesuan dan kelelahan
7. Sering infeksi
8. Penurunan berat badan
9. Pendarahan dari gusi, sering mimisan, dan perdarahan yang tidak biasa lainnya.

AML memburuk secara cepat jika tidak diobati, sehingga diagnosis yang tepat sangat membantu. Dalam kasus luar biasa atau tanda dan gejala yang mengkhawatirkan harus segera dikonsultasikan dengan dokter.


Pengobatan


Pengobatan AML tergantung pada beberapa faktor, seperti usia pasien, kesehatan secara keseluruhan, preferensi, dan subtipe penyakit. Pengobatan penyakit ini memiliki dua fase, yaitu:

1. Fase 1: Terapi Induksi

Dalam fase ini sel-sel leukemia di dalam darah dan sumsum tulang dibunuh, tetapi untuk tujuan mencegah penyakit kembali kambuh, perawatan lebih lanjut diperlukan karena induksi remisi biasanya tidak mnghilangkan semua sel-sel leukemia.

2. Fase 2: Terapi Konsolidasi

Dalam fase ini sel-sel leukemia yang tersisa dihancurkan. Juga disebut post-remisi, terapi pemeliharaan, atau intensifikasi. Terapi konsolidasi dianggap penting untuk mengurangi risiko kambuh. Beberapa metode terapi yang digunakan dalam fase ini, antara lain:

a. Terapi Biologi
Metode ini, juga dikenal sebagai immunotherapy, menggunakan zat yang memperkuat respon sistem kekebalan terhadap kanker. Salah satu bentuk terapi biologi dikenal sebagai antibodi monoklonal. Meskipun antibodi ini diproduksi dalam laboratorium, namun dapat meniru protein dalam sistem kekebalan tubuh (antibodi) yang menyerang benda asing pada sel-sel leukemia. Gemtuzumab ozogamicin adalah salah satu antibodi monoklonal yang digunakan sebagai terapi biologis dalam AML. Ketika obat ini menempel pada sel-sel AML, ia melepaskan racun kimia yang dibawanya.

b. Kemoterapi
Meskipun juga dapat digunakan sebagai terapi konsolidasi, metode ini merupakan bentuk utama terapi induksi remisi, yang menggunakan bahan kimia untuk membunuh sel kanker dalam tubuh. Karena obat kemoterapi menghancurkan banyak sel-sel darah normal dalam proses pembunuhan sel-sel leukemia, sehingga pasien harus tinggal di rumah sakit selama terapi ini. Pengobatan ini mungkin perlu diulang satu atau lebih dari dua kali dalam kasus siklus pertama kemoterapi yang tidak menyebabkan remisi.

c. Transplantasi stem cell sumsum tulang
Metode ini dapat membantu dalam membangun kembali sel-sel induk yang sehat dengan mengganti sumsum tulang yang tidak sehat dengan sel yang bebas dari sel induk leukimia yang akan menumbuhkan sumsum tulang yang sehat. Metode ini dapat digunakan untuk terapi konsolidasi. Untuk menghancurkan sumsum tulang dan menghasilkan manfaat pada penyakit leukemia pasien, maka akan diberi dosis yang sangat tinggi dari kemoterapi atau terapi radiasi sebelum transplantasi sel induk. Setelah itu, akan diberikan infus sel induk dari donor yang kompatibel (transplantasi alogenik). Sel induk sendiri seseorang juga dapat digunakan (transplantasi autologous), yaitu dengan mengambil dan menyimpan sel-sel sehat induk mereka untuk transplantasi di masa depan.

d. Terapi obat lain
Ada obat anti kanker yang dapat digunakan sendiri atau dalam kombinasi dengan kemoterapi untuk induksi remisi dari subtipe tertentu dari AML disebut promyelocytic leukemia, seperti arsenik trioksida dan semua jenis trans retinoic acid (ATRA).

img

Index

 
jika ingin menyalin sebagian atau keseluruhan isi halaman ini, mohon cantumkan sumber alamat tautan ini