Total Pengunjung

Pages

       
   

Cara Mencegah Insomnia dan Membuat Mudah Terlelap

Mengalami masalah susah tidur memang menyiksa. Lebih malang lagi jika keesokan harinya, Anda harus bekerja.

Saat diserang insomnia, Anda akan berusaha untuk membuat diri mengantuk dengan menonton TV, membaca buku, bahkan minum obat tidur. Seperti dikutip dari Female First, Selasa (7/2), simak 10 langkah untuk mendapatkan waktu tidur yang berkualitas.

1. Miliki jam tidur yang reguler dan rasional. Buatlah waktu dimana Anda harus patuh untuk segera tidur dan bangun setiap harinya, sehingga tubuh Anda akan terprogram untuk tidur lebih baik.

2. Ciptakan lingkungan tidur yang nyenyak. Kamar tidur Anda harus dirancang sebagai tempat istirahat. Pastikan suhu dalam kamar tidak terlalu panas atau terlalu dingin dan buatlah setenang serta segelap mungkin.

3. Pastikan tempat tidur Anda nyaman. Sangat sulit untuk bisa tidur nyenyak jika tempat tidur Anda terlalu keras, lembab atau sempit.

4. Olahraga lebih banyak. Usahakan untuk teratur melakukan olahraga ringan, seperti berenang atau berjalan kaki yang dapat meringankan stres dan ketegangan. Jangan lakukan olahraga terlalu dekat dengan waktu tidur Anda atau setelah Anda bangun tidur.

5. Kurangi kafein, baik dalam kopi maupun teh terutama pada malam hari. Kafein berlebih justru mengganggu tidur dan mencegah Anda untuk tidur nyenyak. Sebagai gantinya, minumlah teh herbal atau susu hangat.

6. Jangan terlalu banyak minum alkohol terutama pada larut malam sebelum tidur yang dapat mengacaukan pola tidur Anda. Memang benar, alkohol dapat membantu Anda tertidur lebih awal, tapi justru akan mengganggu tidur Anda pada larut malam.

7. Jangan merokok. Tentu saja, merokok memperburuk tidur Anda. Merokok membuat seseorang lebih lama untuk tertidur, lebih sering terbangun di malam hari dan lebih banyak mengalami gangguan selama tidur.

8. Cobalah untuk rileks sebelum tidur. Mandi air hangat, mendengarkan musik yang slow atau melakukan yoga menjadi pilihan yang baik bagi pikiran dan tubuh Anda.

9. Hilangkan kecemasan, beban pekerja bahkan pikiran tentang tugas yang belum diselesaikan.

10. Jika Anda masih tidak bisa tidur, cobalah bangun dari kasur dan lakukan sesuatu yang dapat membuat Anda rileks sampai Anda merasa mengantuk kembali, dan kemudian kembali ke kasur untuk tidur.

Index

 
jika ingin menyalin sebagian atau keseluruhan isi halaman ini, mohon cantumkan sumber alamat tautan ini